Kamis, 06 Juli 2017

Balita vs Remaja



Hai kawan-kawan semua, saya menyapa dengan hangat semoga kita selalu dalam lindungan allah swt. Saat saya menulis tulisan ini, hujan turun dengan syahdu, hujan turun dari semalaman sampai pagi ini. Awalnya semalam mau pulang ke rumah karena ortu dan adik-adik saya mau ke Banjarmasin. Karena kecapean tak sadar tertidur pulas saat mendengar suara merdunya Kang Rendy Saputra membawakan materi di group whatapps Zid Club. Jadinya gak jadi pulang dan terperangkap di kamar kost yang penuh inspirasi ini.

Kali ini saya mau berbicara tengtang bertumbuh dan berkembang. Kita ibaratkan balita, siapa sih yang gak senang anak balitanya tumbuh dan berkembang pasti semua orang tua dan keluarga senang. Saat balita bisa merengkak, berdiri dan berjalan pasti orang tua sangat senang sekali. Bertumbuh besar tumbuh gigi, tinggi badan naik, dan berat badan balita naik di jamin pasti orang tua senang banget.

Tadi itu balita, apabila bertumbuh dan berkembang orang tua senang bukan kepalang. Bagaimana dengan usia remaja/dewasa, udah pasti bertumbuh dan berkembang juga diperlukan. Tetapi bedanya bertumbuh dan berkembangnya beda, bukan masalah naik berat badanya atau latihan berjalan lagi. Bertumbuh dan berkembang  remaja versi saya adalah bagaimana seseorang dapat mengupgrade dirinya. 

Remaja atau dewasa mempunyai permasalah berbeda-beda tapi masih satu garis keturunan biasanya, kalau tidak masalah cinta, keuangan dan karir. Ambil garis tengahnya yaitu pola berfikir, setiap orang berpola pikir berbeda-beda dan pastinya tidak bisa kita samakan rata. Sebagai remaja kita harus memiliki polo pikir yang berbeda di masa kita masih menjadi pelajar dan bukan pelajar lagi. Ketika pelajar mungkin kita sering di arahkan oleh ortu kita, guru kita dan mungkin lingkungan kita. Meskipun remaja juga masih seperti itu tapi kenbanyakan remaja sering keluar dari zonya. Menjadi stady state atau menjadi remaja diam di tempat pada zona nyaman. Karena bingung memilih jalan mana yang harus mereka tembuh akhirnya tidak menjadi apa-apa. 

Bertumbuh dan berkembang pada remaja itu butuh satu jawaban, tanyakanlah pada diri dan hati kita masing-masing. Kita ingin bertumbung dan berkembang seperti apa, karena diri kita sendirilah yang tau.

Beberapa tips agar kalian bisa bertumbuh dan berkembang :


  1. Tanyakan pada diri kalian, aku mau apa dan aku ingin apa?
  2.   Mulailah lakukan apa yang kalian mau dengan cari menulisnya
  3. Lakukan apa yang kamu mau dari tulisan kalian
  4. Lakukan secara berulang sampai keinginan kalian tercapai
  5. Dari semua itu awali lah dengan iman kepada tuhan, niatkan dengan hati dan doa yang terbaik
Semua diatas pastinya kemauan dalam hal positif bukan negatif. Sejatinya di usia remaja sudah bisa membedakan mana yang baik dan buruk.

Sekian tulisan ini saya buat, terima kasih.

-Roid Faisal-
070717
Kamar kost

Share:

0 komentar:

Posting Komentar